You are herePaparan Publik Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana Indonesia

Paparan Publik Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana Indonesia


By djuni - Posted on 29 April 2009

MPBI News, Jakarta
Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana Indonesia (Planas PRB Indonesia atau secara singkat disebut Planas PRB) adalah sebuah forum independen yang dibentuk untuk mendorong serta memfasilitasi kerjasama antar berbagai pihak dalam upaya pengurangan risiko bencana (PRB) di Indonesia. Planas PRB berupaya mewadahi semua kepentingan terkait kebencanaan, serta membantu menyelaraskan berbagai kebijakan, program dan kegiatan PRB di tingkat pusat, agar dapat mendukung tercapainya tujuan-tujuan PRB Indonesia dan terwujudnya ketahanan dan ketangguhan bangsa terhadap bencana, selaras dengan tujuan-tujuan Kerangka Aksi Hyogo.

 Artikel Terkait di Website MPBI:

Planas PRB dideklarasikan di Jakarta pada tanggal 20 November  2008 dan selanjutnya selama lima bulan terakhir berbagai pihak dengan latar belakang yang berbeda-beda tapi mempunyai kepentingan yang sama yaitu dalam bidang PRB telah bekerja keras untuk merumuskan kertas kerja Planas PRB. Pada tanggal 28 April 2009 kemarin kertas kerja Planas PRB dipaparkan kepada publik di Hotel Borobudur, Jakarta dalam sebuah acara yang bertajuk “Paparan Publik Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana dan Seminar Kearifan Lokal”. Acara ini dihadiri oleh 250  orang dari LSM nasional/lokal, LSM internasional, badan PBB, kementrian/lembaga Pemerintah Pusat, dunia usaha, perguruan tinggi, media massa. Kegiatan ini dapat terlaksana berkat dukungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), United Nations Development Programme  (UNDP) dan Safer Communities Disaster Risk Reduction (SCDRR) dan Kepengurusan Planas PRB. 

Dalam acara ini ada paparan publik mengenai Planas PRB, persembahan tari tradisional dari masyarakat Nusa Tenggara Barat, pergelaran wayang kulit oleh dalang Ki Manteb Sudarsono, pameran materi-materi PRB dan seminar tentang kearifan lokal. 

Rangkaian acara dalam “Paparan Publik Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana” antara lain:

  1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Paduan suara murid-murid SD.
  2. Sambutan selamat datang oleh Ir. Sugeng Triutomo, DESS., Deputi Pencegahan  dan Kesiapsiagaan BNPB.
  3. Paparan Kerta Kerja Planas PRB oleh Krishna S. Pribadi, Ketua Dewan Eksekutif Planas PRB.
  4. Memperkenalkan Kepengurusuan Planas PRB oleh Krishna S. Pribadi, Ketua Dewan Eksekutif Planas PRB dan para Pengurus Planas PRB.
  5. Serah terima Tim Formatur kepada Pengurus Planas PRB dengan disaksikan oleh BNPB oleh Prof. Arif Rachman, Ketua Tim Formatur Planas PRB, Mar’ie Muhammad, Ketua Dewan Pengarah Planas PRB, Krishna S. Pribadi, Ketua Dewan Eksekutif Planas PRB dan Dr. Syamsul Ma'arif, Msi., Kepala BNPB.
  6. Peluncuran Website Planas PRB (http://planasprb.net) oleh Dr. Syamsul Ma'arif, Msi., Kepala BNPB, Mar’ie Muhammad, Ketua Dewan Pengarah Planas PRB dan Prof. Arif Rachman, Ketua Dewan Pengawas Planas PRB.
  7. Sambutan kunci perwakilan PBB  oleh UN-OCHA.
  8. Sambutan kunci perwakilan UN-ISDR  oleh Kristanto Sinandang, UNDP.
  9. Sambutan kunci Pengurus Planas PRB oleh Mar’ie Muhammad, Ketua Dewan Pengarah Planas PRB.
  10. Sambutan kunci Kepala BNPB oleh Dr. Syamsul Ma'arif, Msi., Kepala BNPB.
  11. Penyerahan “recognition letter” BNPB kepada Planas PRB oleh Dr. Syamsul Ma'arif, Msi., Kepala BNPB dan Mar’ie Muhammad, Ketua Dewan Pengarah Planas PRB.
  12. Doa/mengheningkan cipta untuk mengenang para korban bencana di Indonesia oleh Panitia.

                                                                                                        

   

 

   

Rangkaian acara dalam “Seminar Kearifan Lokal” antara lain:

  1. Pengantar Seminar Kearifan Lokal oleh Koordinator Forum Perguruan Tinggi untuk PRB.
  2. Paparan “Kearifan Lokal di Pulau Bali dalam Pengurangan Risiko Bencana”  oleh Dr. Ir. I Putu Artawan Wiguna, MT.
  3. Paparan “Kearifan Lokal dalam Sistem Bangunan Perumahan di Jawa Barat dan Sumatera Barat” oleh Prof. Sugeng Triyadi, ITB.
  4. Paparan “Pengurangan Risiko Bencana dalam Perspektif Kearifan Lokal” oleh Dr. Ir. Soeryo Adiwibowo, MS., Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB.
  5. Moderator: Eko Teguh Paripurno, PSMB UPN Veteran Yogyakarta.

Artikel Terkait:

  
 

 

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
7 + 3 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.